LIFE STYLE

10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik

Sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian, jenis dan bagaimana membuat podcast untuk pemula. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik yang bisa dijadikan acuan awal dalam membuat konten podcast.

Daftar beberapa rekomendasi aplikasi podcast terbaik yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan kalian sebagai acuan awal dalam membuat konten podcast, antara lain:

ANCHOR

Salah satu rekomendasi aplikasi podcast gratis yang bisa digunakan dan mempunyai banyak fitur untuk membantu dalam membuat podcast dengan cara penggunaan yang mudah. Salah satunya adalah kalian dapat mengedit rekaman suara kalian dengan aplikasi ini.

Cara membuat podcast dengan aplikasi ini cukup mudah, hanya perlu mengunduh aplikasi ini dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buat aku baru dengan cara daftar menggunakan metode yang tersedia
  • Bila konten podcast sudah selesai direkam, pilih opsi ‘I have podcast I want to import’ pada aplikasi
  • Untuk membuat siaran podcast baru langsung dari aplikasi, maka pilih ‘I want to make new podcast’ dan pilih ‘Record’ untuk memulai rekaman
  • Bila terjadi kesalahan, bisa menggunakan tanda ‘Flag’ dan pilih ‘Add Flag’ pada bagian yang ingin diperbaiki
  • Bila rekaman telah selesai maka pilih ‘Stop’ dan hasilnya bisa didengarkan pada ‘Review’
  • Kalian bisa menambahkan sound effect dengan memilih ‘Add background music’ dan ‘Play’ untuk mendengarkan musiknya sebelum menambahkan pada hasil rekaman
  • Pilih ‘Save’ lalu beri judul podcast tersebut, kemudian pilih ‘Add recording to episode’ lalu pilih ‘Publish’
  • Isi informasi dan deskripsi podcast, lalu pilih ‘Publish Now’, dan hasil rekaman kalian sudah disiarkan

Baca juga : PODCAST : PENGERTIAN, JENIS DAN CARA MEMBUATNYA

CastBox

Aplikasi ini adalah agregator podcast yang memungkinkan untuk menemukan kata kunci bahkan dalam dialog episode karena mempunyai fitur ‘Pencarian Pintar’. Aplikasi ini juga mendapatkan beberapa penghargaan ‘Most Entertaining Apps’ dan ‘Top Trending Apps’ dari Google Play.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis baik melalui App Store maupun Google Play. Melalui Aplikasi ini kalian bisa mendengarkan lebih dari 95 juta podcast baik secara online maupun offline. Selain bisa mendengarkan siaran podcast, kalian juga bisa membuat kanal sendiri.

Google Podcast

Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis melalui Google Play. Aplikasi ini selain untuk mendengarkan , kalian juga bisa mendownload podcast tanpa ribet.

Dengan aplikasi ini kalian bisa subscribe podcast dari seluruh dunia, baik yang berbahasa Indonesia maupun asing. Selain itu, kalian juga bisa mendownload podcast secara mudah sehingga bisa didengarkan secara offline kapanpun dan dimanapun

Pocket Cast

Pocket Casts mempunyai pilihan tema yang bisa dipilih sesuai kenyamanan kalian. Pada aplikasi ini terdapat pilihan dark mode atau light mode, bahkan untuk penggemar layar OLED terdapat tema ekstra dark. Aplikasi podcast ini menambahkan fitur baru yaitu Discover Nearby yang memungkinkan kalian untuk menemukan pengguna terdekat dan melihat apa yang mereka dengarkan. Selain itu, fitur ini juga menampilkan daftar podcast paling populer di sekitar dan memungkinkan untuk langsung melakukan subscribe. Fitur lain dalam aplikasi ini adalah sleep timer yang bisa digunakan agar tidak mengganggu waktu tidur.

Baca juga : Mengenali dan mencegah Baby Blues

Podbean

Aplikasi ini selain untuk mendengarkan podcast, juga mempunyai fitur sebagai studio podcast. Kita bisa merekam podcast dengan beragam fitur yang tersedia diantaranya musik latar, efek suara, juga editing dimana kalian dapat memotong maupun menggabungkan rekaman suara yang telah dibuat.

Podcast Addict

Podcast Addict sebagai sebuah pengelola podcast tidak hanya digunakan untuk membaca dan memainkan berkas audio saja, tetapi dengan berbagai fitur-fitur yang tersedia, aplikasi ini layak dikatakan sebagai solusi podcast yang praktis, minimalis, plus gratis.

Beberapa fitur di dalam Podcast Addict yang layak untuk dibahas diantaranya :

  1. Add RSS Feed or Youtube Channel, dimana dengan fitur ini, pengguna bisa memasukkan alamat rss feed podcast yang disukai
  2. Browse Podcast Network, dimana fitur ini berisi alamat rss dari beberapa jaringan media terkemuka di dunia yang sudah siap untuk dijelajahi, sehingga pengguna tidak perlu berlangganan semua program acara yang disediakan oleh penyedia podcast tersebut.
  3. OPLM Import, dimana dengan fitur ini bagi pengguna yang sudah mempunyai koleksi kumpulan program podcast, memungkinkan untuk memindahkan koleksi tersebut (import) ke dalam HP android pengguna, sehingga kalian tidak perlu repot untuk memulai dari awal pencarian program-program favorit.

Podcast Go

Podcast Go adalah salah satu aplikasi podcast untuk mendengarkan siaran di HP android. Pada aplikasi ini terdapat fitur dasar, diantaranya fitur download sehingga memungkinkan kalian bisa mendengarkan podcast secara offline, fitur mempercepat pemutaran podcast, sleep timer, dan lain-lain.

Terdapat lebih dari 300ribu podcast yang tersedia dan mudah diunduh, dengan beragam kategori podcast yang bisa dipilih, diantaranya komedi, musik, berita, permainan, hingga pendidikan.

Spotify

Aplikasi ini adalah salah satu yang paling populer saat ini, dimana telah diinstal lebih dari 500juta kali di seluruh dunia. Spotify dapat digunakan di berbagai perangkat, seperti komputer, ponsel, tablet, speaker, TV, serta mobil, dan dapat dengan mudah beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan Spotify Connect. Aplikasi ini tersedia dalam dua pilihan, gratis maupun berbayar (Spitify Premium).

Kalian bisa membuat siaran podcast sendiri si Spotify dengan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan file MP3 Podcast pada RSS feed yang telah kalian rekam
  • Buka website Spotify for Podcast di https://podcaster.spotify.com/ lalu login dengan menggunakan akun kalian
  • Pilih ‘Get Started’ kemudian kirim hasil rekaman pada ‘Submit Your Podcast’
  • Isi nama dan pilih kotak ‘Terms and Condition’ lalu pilih ‘Continue’
  • Isi link RSS feed pada kolom yang tersedia dan pilih kirim kode konfirmasi ke email, lalu masukkan kode tersebut
  • Lengkapi informasi podcast, misalnya negara, bahasa, kategori, dan lain-lain, lalu pilih ‘Next’
  • Kalian bisa me-Review hasil rekaman dan klik ‘Submit’untuk menyiarkan podcast kalian

Baca juga : Mengupayakan Bahagia di tengah Pandemi

Souncloud

Souncloud adalah platform music sharing serta streaming musik yang berdiri pada tahun 2007. Pengguna bisa mengunggah, mempromosikan dan membagikan lagu yang ditaruh pada profil mereka. Aplikasi ini banyak digunakan oleh musisi amatir maupun profesional sebagai andalan dalam mempromosikan lagu-lagu mereka.

Noice

Aplikasi Noice menawarkan berbagai macam konten audio, mulai dari musik, hingga tema bincang-bincang dengan berbagai topik.

Kalian bisa membuat konten pada aplikasi ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Noice
  • Daftar pada aplikasi Noice dengan menggunakan no HP yang aktif
  • Lakukan verifikasi nomo HP untuk memastikan bahwa akun kalian adalah benar
  • Untuk memulai rekaman, pilih ‘Koleksi’ dan klik ‘Mixtape’
  • Pilih ‘Buat Mixtape’ lalu ‘Tap untuk Upload’ dan cari hasil rekaman kalian
  • Isi judul dan deskripsi, lalu’Simpan’

Nah, itulah 10 rekomendasi aplikasi podcast terbaik yang bisa kalian gunakan untuk membuat podcast.

Ada begitu banyak hal tentang podcast yang bisa diulik. Untuk materi tentang podcast selanjutnya, kita lanjutkan pembahasan di lain waktu. Ciao…

Salam,

Galuh Candra

Source by: pricebook.co.id/article/game_apps/9321/10-aplikasi-podcast-terbaik; matchstix.io/in/castbox-adalah-agregator-yang-memungkinkan-anda-untuk-mencari-kata-kata-dalam-episode/; kirim.email/google-podcast/: dewimagazine.com/news-art/pocket-cast-aplikasi-podcast-inovatif-terbaru; pengusahamuslim.com/3701-podcast-addict-player-untuk-1887.html; www.wowkeren.com/berita/tampil/00342369/6.html; support.spotify.com/id/article/what-is-spotify/; toffeedev.com/blog/apa-itu-soundcloud-mengapa-banyak-penggunanya/

One thought on “10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik

Comments are closed.