“Nak, baca doa dulu yok sebelum tidur” kataku pada ketiga anak gadis yang terkadang masih minta dikelonin sebelum tidur.

“Oke Umi!” Sahut mereka lalu bersama membaca doa dengan lantang, kecuali mb Naya.

“Kenapa Mbak nggak baca doa?” Protes Dedek Fiya.

“Baca dalam hati, dek,” sahut Mbak Naya

Lalu mereka melanjutkan ritual berdoa, eh, tapi kenapa si dedek senyap?

“Dek, ayo berdoa,” ajak si Umi.

“Udah, Mi, dalam hati.” Jawabnya yang tentu saja membuat kami tergelak geli.
~~~~~~~

Membiasakan amalan sebelum tidur kepada anak-anak bukanlah hal mudah, tapi bukan pula sesuatu yang sulit. Asal rutin dan konsisten, lama-lama mereka akan terbiasa dengan sendirinya.

Ada beberapa amalan sebelum tidur yang kami ajarkan kepada mereka, amalan ini juga dilakukan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam ketika menjelang tidur.

Apa saja sih amalan a la Rasulullah ini, yuk simak.

Pertama-tama, sebelum tidur hendaknya kita berwudhu, agar kita tidur dalam keadaan suci seperti hendak melaksanakan sholat.

Seperti yang tersebut dalam sebuah hadits,
“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melaksanakan salat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya, membaca doa seperti yang biasa Rasulullah baca sebelum tidur,
“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.
Yang artinya:
“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Selain itu, ada empat amalan lagi yang dianjurkan oleh Rasulullah sebelum tidur.
Seperti diriwayatkan dari Nabi Saw bahwa beliau berkata kepada Sayidah Aisyah, ‘Wahai Aisyah, janganlah kamu tidur sebelum melakukan empat hal; sebelum mengkhatamkan Al-Quran, sebelum membuat para nabi memberi syafaat kepadamu kelak di hari kiamat, sebelum membuat seluruh kaum muslimin ridha kepadamu dan sebelum melakukan ibadah haji dan umrah.’

Setelah berkata demikian, Nabi Saw melanjutkan shalat malamnya dan Sayidah Aisyah sendiri berada di tempat tidur seraya menunggu Nabi Saw menyempurnakan shalatnya. Setelah Nabi Saw menyempurnakan shalatnya, Sayidah Aisyah langsung bertanya, ‘Wahai Rasulullah, demi bapak dan ibuku, engkau perintahkan aku melakukan empat perkara yang saat ini tidak mampu aku melakukannya.’

Mendengar pertanyaan Aisyah ini, Nabi SAW kemudian tersenyum dan beliau menjelaskan, ‘Jika kamu membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, maka pahalanya sama dengan mengkhatamkan Al-Quran.

Jika kamu membaca shalawat kepadaku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberikan syafaat kepadamu di hari kiamat kelak.

Jika kamu memohonkan ampunan untuk seluruh kaum muslimin, maka mereka semua akan ridha kepadamu.

Dan jika kamu membaca ‘Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illahu wallahu akbar,’ maka kamu telah melakukan haji dan umrah.”

MasyaaAllah.. rupanya selain membaca doa, Rasulullah juga menganjurkan kita untuk berzikir, membaca Al Qur’an dan bersholawat sebelum tidur. Semua ini dianjurkan kepada seluruh umatnya agar umatnya senantiasa mengingat Allah, mengingat RasulNya dan dijaga malaikat selama tidurnya.

Yookk kita amalkan juga amalan-amalan baik ini sebelum tidur, dengan harapan mendapat syafaat darinya. Aamiin.

Selamat tidur, selamat beristirahat.

0Shares

Tinggalkan Balasan