KECANTIKAN dan KESEHATAN

Aturan Minum Air Putih Yang Baik Untuk Kesehatan

Meminum air putih setiap hari mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat diantaranya adalah bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi, membantu melancarkan aliran nutrisi dalam tubuh sekaligus menurunkan berat badan. Kekurangan maupun berlebihan mengkonsumsi air putih sama-sama dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Diperlukan Aturan yang Baik dalam Minum Air Putih untuk memaksimalkan manfaat yang bisa didapatkan

Baca juga yuks : MOSEHAT : Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Air putih baik untuk tubuh, hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral pada air putih seperti flouride, besi, natrium, dan kalium. Air putih tidak mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, gula dan bahkan vitamin apapun. Walaupun tidak mengandung vitamin, air putih dapat membantu penyerapan vitamin lebih maksimal di dalam tubuh, khususnya vitamin B dan vitamin C yang termasuk dalam vitamin larut air.

Selama ini, tanpa disadari mungkin kita telah salah dalam meminum air putih dan kerap merasa kesulitan dalam membagi waktunya. Cara mengkonsumsi air putih dengan baik dan benar dapat memaksimalkan manfaat air putih untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa aturan yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari mengkonsumsi air putih:

  • Seperti halnya saat akan makan, maka duduklah saat akan minum. Minum dengan berdiri dapat membahayakan ginjal karena air akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring.
  • Minum seteguk demi seteguk. Serap perlahan-lahan, telan, kemudian napas dan ulangi minum dengan pelan-pelan, jangan langsung minum segelas penuh.
  • Untuk memenuhi kebutuhan air harian, sebaiknya minum air putih secara berkala, jangan minum air putih secara banyak langsung dalam satu waktu.
  • Bukan 8 gelas sehari, karena aturan populer ini tidak terbukti secara ilmiah. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board justru aturan minum air yang tepat adalah 2,7liter perhari untuk wanita dan untuk pria 3,7liter perhari.

Baca juga ya : Berdamai dengan Diabetes, Siapa Takut?

  • Minum air putih dengan suhu ruangan lebih baik untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, bahkan lebih baik jika suhu air hangat. Air dingin apalagi air es dengan suhu 5 derajat celcius bisa membuat kontraksi pada pencernaan karenaperbedaan suhu yang tajam.
  • Disarankan untuk minum air putih 30 menit sebelum makan karena dapat membantu pencernaan bekerja dengan baik.
  • Jangan minum air putih selama atau tepat sebelum / sesudah makan karena dapat melemahkan cairan pencernaan sehingga menjadikannya bekerja dengan kurang efektif. Selain itu jangan minum terlalu banyak air karena akan membuat perut tidak memiliki cukup ruang untuk mencerna
  • Minumlah saat haus karena pada saat itulah tubuh memberikan sinyal bahwa kalian membutuhkan cairan.
  • Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh, karena kebutuhan air tiap masing-masing orang berbeda tergantung pada kondisi tertentu, seperti pengaruh cuaca, berat badan, saat diet, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan

Jangan lupa baca juga : Oh pandemi COVID 19

  • Warna air seni merupakan salah satu indikator kebutuhan tubuh akan cairan apakah sudah terpenuhi ataukah belum. Apabila warna air seni kuning atau bening mengindikasikan bahwa kebutuhan tubuh akan cairan telah terpenuhi. Namun apabila berwana kuning pekat mengindikasikan bahwa kalian perlu untuk minum lebih banyak air putih.
  • Selain warna air seni, bibir juga menjadi indikator kebutuhan tubuh akan cairan. Apabila bibir kalian kering, hal tersebut mengindikasikan bahwa kalian mungkin mengalami dehidrasi. Kurang minum air putih dapat mempengaruhi kesehatan bibir dan kulit.

Jangan lupa baca juga : SELFIE DAN GANGGUAN JIWA

Demikianlah beberapa aturan dalam mengkonsumsi air putih yang baik untuk memaksimalkan manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan.

Jadi, sesibuk dan sepadat apapun aktivitas kalian, jangan lupa untuk minum air putih. Selain untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh juga akan menjaga kelembaban, elastisitas dan keindahan kulit dan bibir kita.

Salam

Galuh Candra

Source : kesehatan.kontan.co.id/news/ini-aturan-ideal-minum-air-putih-yang-baik-untuk-kesehatan; hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/7-waktu-yang-tepat-untuk-minum-air-putih/; health.detik.com/berita-detikhealth/d-3893466/demi-kesehatan-yang-maksimal-begini-cara-minum-air-putih-yang-benar