Banyak Anak Banyak Rejeki

Hai.. Hai, sobat curhat..

Pasti sobat curhat sudah akrab dengan sebuah pepatah ‘banyak anak banyak rejeki’ ya kan? Pepatah tersebut kini menimbulkan pro dan kontra. Yang pro akan setuju dan membenarkan pepatah tersebut. Sedangkan yang kontra akan menyangkal pepatah tersebut.

Penyangkalan bisa terjadi dikarenakan saat ini, zaman sekarang ini, mencukupi kebutuhan sendiri saja sudah terasa sulit apalagi jika ditambah dengan banyaknya anak yang harus dicukupi kebutuhannya. Kebutuhan tersebut bukan hanya sekedar cukup makan, tapi juga bisa memberikan pendidikan yang baik.

Baca juga: Tips Optimalkan Kemampuan Belajar Anak

Sobat curhat tau sendiri kan, untuk bisa menyekolahkan anak di tempat yang bonafide, tak sedikit uang yang harus digelontorkan. Itulah juga mengapa sebagian menyebut anak adalah investasi masa depan. Yaa tidak salah juga sih, karena kan kita mendidik mereka dengan harapan kelak mereka akan jadi orang-orang hebat dan mapan.

Menyoal kaitan banyak anak banyak rejeki tadi, kalau aku sih, merasa ada benarnya juga. Bukankah Allah telah menetapkan rejeki kepada setiap makhluknya. Bahkan seekor burung pun sudah ditetapkan rejekinya. Apalagi manusia sebagai makhluk sempurna yang dibekali akal. Bisa berpikir,  bisa berusaha. Jadi, janganlah takut tak kebagian rejeki. Apalagi jika sudah disertai usaha maksimal. Setuju nggak, sobat curhat?

Seperti beberapa minggu lalu, aku sempat dibuat syok dengan nominal yang harus dibayar untuk bisa menyekolahkan Mamas -anak sulung kami- di salah satu sekolah menengah atas favorit. Namun suami menenangkan “Allah yang akan mencukupkan, kalaupun tidak, yakin Allah akan menggantikan dengan menunjukkan sekolah lain yang terbaik untuk Mamas sesuai kemampuan kita”

Biidznillah, dana terkumpul dalam waktu singkat dan opsi untuk menyekolahkan Mamas di sekolah yang menurut kami lebih baik dan lebih bersahabat dengan kantong juga hadir. Tinggal nanti, biarkan Mamas memilih sesuai yang diinginkan.

Jadi, sobat curhat, janganlah mengkhawatirkan rejeki yang jelas-jelas sudah Allah siapkan untuk kita dan keluarga. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran:

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ مِنْ إِمْلَاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka.” (QS. Al An’am [6]: 151)

Baca juga: Allah sebaik-baiknya tempat bergantung

Jelas sekali kan tertera, Kami akan memberi rejeki kepadamu (orang tua)  dan kepada mereka (anak).

Jadi, aku tidak mengkhawatirkan rejeki anak-anak. Karena yakin Allah akan mencukupkan rejeki mereka dari arah mana saja.

Wallahu’alam bishowab.

Baca juga: Tips Berpuasa untuk anak kecil

0Shares

1 thought on “Banyak Anak Banyak Rejeki

Tinggalkan Balasan