Biografi: Psikolog Rizki Dawanti, M.Psi., Psikolog.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Semoga kita semua senantiasa diberkahi kesehatan dan keselamatan dalam menjalani hari-hari dalam situasi seperti ini. Amin.

Ibarat pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, perlu rasanya saya mengenalkan diri ke teman-teman pembaca semuanya supaya kita lebih bisa merasa lebih dekat satu sama lain meski hanya berinteraksi lewat tulisan ya.

Biografi Psikolog: Nila Ainu Ningrum

Saya adalah seorang istri dan ibu dari dua anak laki-laki yang berusia sembilan tahun dan empat tahun. Saya dikaruniai si sulung pada saat masih berstatus mahasiswa S2 magister profesi Psikologi Klinis di Universitas Gadjah Mada. Tempat saya ditempa menjadi seorang psikolog klinis, dengan tuntutan praktek kerja di Rumah Sakit Jiwa, Puskesmas dan Yayasan Rehabilitasi Penyandang Cacat Tubuh membuat saya semakin mencintai dunia pilihan saya.

Mencintai Dunia

Dunia yang membuat saya merasa “lebih hidup” karena “menghidupkan” orang lain. Dunia yang membuat saya banyak menemukan makna dalam hidup dengan melihat dari banyak sudut pandang. Berproses bersama di setiap interaksi dengan klien. Profesi ini, sudah sejak SMP saya inginkan dan mimpikan.

Namun begitu, Allah tampaknya memberikan tantangan dan kesempatan lebih kepada saya, hingga 4 bulan pasca saya lulus keprofesian dan mengikuti domisili suami untuk tinggal di Jakarta, tawaran masuk dunia akademis datang. Terhitung sejak akhir 2013 saya memilih dosen sebagai profesi utama saya.

Bekerja di institusi pendidikan, sebenarnya tidak pernah ada di bayangan saya, namun mudah bagi saya mencintai dunia baru ini dengan begitu cepat. Saya sangat menikmati interaksi-interaksi saya dengan mahasiswa.

Ada proses yang berbeda yang saya temukan ketika mengajar dan berinteraksi dengan masyarakat di setiap momen pengabdian kampus. Saya juga aktif memfasilitasi klien di unit konsultasi psikologi di kampus, dan juga bergabung sebagai konselor dan asessor di beberapa biro psikologi di Jakarta.

Concern Psikolog

Topik-topik mengenai kesehatan mental, managemen stres, psikologi kesehatan, keluarga dan kehamilan menjadi concern ketertarikan saya baik didunia akademis maupun di ruang praktek klinis. Banyak menghadapi kasus-kasus depresi, kecemasan dan efek trauma terhadap kesehatan mental di usia dewasa membuat saya memutuskan untuk mengambil sertifikasi sebagai praktisi Brainspotting Indonesia tahun lalu.

Di sela-sela kesibukan saya sebagai dosen dan psikolog, saya masih menekuni hobi-hobi saya yang lain seperti bermain piano, memasak, crafting, dan menulis (akhirnya bergabung juga di masa stay at home ini bersama rekan saya mbak Dewi Adikara). Motivasi dan panggilan hati yang sama dengan beliau yaitu ingin jauh lebih bermanfaat untuk orang banyak, membuat saya tergerak untuk bergabung menyumbang tulisan.

Seperti pepatah bilang “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya, karena ilmu yang ditulis akan tetap tersimpan diatas keterbatasan daya ingat manusia”.

Semoga tulisan-tulisan saya bisa menambah wawasan, memberikan inspirasi atau bahkan mengobati kerisauan hati para pembaca. Adapun saran dan kritik tentu saja boleh disampaikan untuk menyempurnakan serta memperkaya tulisan-tulisan saya nantinya.

psikolog rizki dawanti

Baca salah satu tulisan saya di sini yuk: Mengupayakan bahagia di tengah Pandemi

Wassalamu’alaikum wr.wb.

0Shares

3 thoughts on “Biografi: Psikolog Rizki Dawanti

Tinggalkan Balasan