TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Terima Kasih RNB 3

Bismillah …. Nggak terasa, tiga bulan tantangan menulis selesai sudah. Yeey!! Alhamdulilah … bisa sampai garis akhir kali ini. Rasanya? Senang dong. Apalagi, ada yang berbeda dengan dua sesi tantangan sebelumnya. Terutama di puncak level terakhir. Sama seperti sebelumnya, deadline setor tulisan adalah jamnya mbak kunti, alias pukul 24.00. Tapi bacth ini, banyak kejutan yang […]

TEMA CHALLENGE IDE SEGAR TEMA CHALLENGE TETAP WCR

Suara

Suara. 29 Desember 2020, malam sebelum tahun baru. Sekian lama, malam tak membangunkanku. Sudah berapa lama? Klotak klotak klotak. Suara sepatu beradu dengan lantai. Tengah malam? Siapakah gerangan? Tak ada lagi selain aku, kan? Krees kresek kreseek. Hmm? Suara ranting kah? Atau dedaunan yang tengah beradu? Tengah malam? Piyik piyik piyik. Suara anak ayam? Lapar, […]

TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Terima Kasih Tahun Kembar. Hai 2021!

Terima Kasih Tahun Kembar. Hai 2021! Kupandang lampu kamar yang mulai meremang. Malam semakin larut, tapi netra tak kunjung terpejam. Meski kantuk sudah memberat. Ah, besok temanya apa ya? Intip bentar ah, jangan sampai salah lagi. Seperti sebelumnya. Sesekali netra memejam, mungkin sudah waktunya lelap. Samar, tapi masih bisa terbaca. Tanggal dua puluh sembilan, tema […]

DUNIA MENULIS TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

NuBar, Titip Satu Yaa

NuBar, Titip Satu Yaa Memori teatrikal saat kelulusan kakak kelas, begitu membekas. Meski hanya melihat dari samping panggung. Itu pun dari kejauhan. Karena, yah nasib adik kelas. Cuma bisa nonton acara megah itu. Kenapa acara kelulusan itu begitu megah? Bagi orang lain, mungkin itu biasa saja. Hal yang wajar. Tapi bagiku, ini baru pertama kalinya, […]

TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Mari, Berpantun Ria!

Mari, Berpantun Ria! Pantun. Seingatku, pengertiannya adalah puisi lama yang terdiri dari empat baris. Dimana dua baris pertama disebut sampiran, dan dua baris kedua adalah isi. Pantun memiliki irama a-a-a-a atau a-b-a-b, dengan kata lain memiliki akhiran yang sama. Secara pribadi, kurang bisa berpantun. Karena harus berpikir memadu madankan kata-katanya agar pas, saat mengucapkannya. Di […]

TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Surat Dari Diriku, Sepuluh Tahun Lalu

Surat Dari Diriku, Sepuluh Tahun Lalu. Lani menyandarkan tubuhnya pada sandaran kursi, dan memejamkan matanya sejenak. Dia menghela nafas cukup panjang, membuat Mela, rekan semejanya meliriknya. “Kenapa, Non? Kok kayaknya berat banget idup lu?” “It’s okay. Cuman yah, lu tau sendirikan kerjaan akhir tahun kayak gimana?” ucap Lani masih dalam posisi bersandarnya. Mela tersenyum tipis […]

TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Perundungan Dalam Dunia Pendidikan

Perundungan Dalam Dunia Pendidikan Definisi tentang HAM (Hak Asasi Manusia), sebagaimana tercantum dalam UU Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia pasal 1 ayat 1, yaitu merupakan hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugrah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara hukum, […]

EDISI CURHAT TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Mari Bersikap, Bodo Amat!

Mari Bersikap, Bodo Amat! Aku anak yang biasa-biasa saja. Nilai nggak jelek-jelek amat, bagus banget juga nggak. Rangking pun tengah-tengah. Kalau ditelaah satu-satu, mungkin hampir nggak ada yang bisa dibanggakan. Karena aku biasa aja. Setelah lulus dari perguruan tinggi pun, sempat nganggur. Dan itu cukup lama. Setelah dapat kerjaan pun, rasanya masih belum bisa percaya […]

TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Panggung Drama NuBar

Panggung Drama NuBar. “Panggung drama RNB tampak remang. Satu lampu menyala, menyoroti bagian depan tengah panggung. Tampak sesosok berdiri di sana. Tangannya mengenggam secarik kertas. Dengan lantang, ia mulai membaca apa yang tertulis dalam kertas. “Jalu, adalah pemuda desa yang baru saja masuk ke kota besar. Dia berniat untuk mengadu nasib saja, daripada hanya angon […]

TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Menjadi Seorang Ibu

Menjadi Seorang Ibu Aku bukan seorang ibuBukan pula calon ibuBelum, tepatnya Banyak kudengar tentang seorang ibuBanyak yang memujiTak sedikit pula yang mencemooh Mau dengar salah sedikitnya? Banyak orang bilangEntah mereka orang terdekatatau kenal dalam dunia maya Sayang sungguh sayang, jika perempuansekolah tinggi-tinggiHanya menjadi seorang ibu“Eman gelar sarjana karo magistermu, Nduk.” Begitu alasan yang terucap Hei! […]