Kambing.. oh kambing.. kalau ga pinter masak biasanya bisa amis rasanya.. Nah, kalau dapat rejeki daging kambing banyak dan berakhir di frezer juga sayang kan?

Berkat teman blogku bernama mbak Ayu aku semangat ngolah kambing dan hasilnya.. Ajiiip.. enak betul..Resep masakannya ngintip resep dendeng sapi punya mbak Novi ini rumah blognya http://www.noviadomi.wordpress.com, lalu aku kreasikan sendiri. Gambar ini agak gelap ya hasil akhirnya karena ada kisah dibalik masaknya.

Pertama : 1kg Daging kambing dipotong-potong lalu direbus, buang air bagian atasnya setelah mendidih, ditambah air didihkan sampai empuk. 

Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan: sejentik Jahe, sejempol Laos, 7 siung bawang putih, 2 buah kemiri, 3 sdm ketumbar bubuk, 1sdt kunyit bubuk, 1 sdm garam. 

Rebus lagi bersamaan dengan dimasukkan 2 salam (daun ya, bukan salam”selamat pagi”) dan 2 daun jeruk. oya tabokin 2 sere sampe pipih, dimasukkan.

Rebus.. rebus… sampe wangi..

Lalu dikompor lain, panaskan minyak. Setelah panas, masukkan daging-daging kambing sesuai selera. Cessss… Aromanya.. mantap..

Setelah agak kering, singkirkan minyak alias dikurangi. Masukkan potongan bahan-bahan berikut: bawang merah, cabe besar,cabe kecil, bawang bombay, makin banyak makin enak.. Lalu kasi perasan jeruk nipis, dan kecap. Tambahkan kaldu/air dari rebusan daging.

Berhubung ini ceritanya masakin buat suami, jadi pak Suami aku panggil dengan maksud mencicipi makanan. Nah ini kesalahan terbesarku, pak suami langsung mengambil alih wajanku. Dan hasilnya jadi tidak secantik bayanganku. Karena dia suka garing, masaknya jadi dibesarin apinya, dan lama… semua jadi menghitam:-\ (harusnya api kecil dan cuma sebentar, kan semua daging sudah matang)

begini rupanya:

tapi rasanya tetep uenaaaak… silahkan dicoba..

0Shares

0 thoughts on “Kreasi Daging Kambing

  1. Boleh dicoba nih resepnya mbak. Tapi prakteknya nunggu lebaran haji tahun depan. Hehehehe..

    1. naaah itu dia… seperti aq sebelumnya mandengin aja daging kambing yang dapet dari lebaran haji… akhirnya dieksekusi juga dengan resep tmn yang dimodifikasi:-)

  2. Huahahhaha kapan-kapan kamu kudu main kesini mbak. Daging kambingnya uwempuk dan ga bau sama sekali. Di sate aja udah uwenak apalagi dibumbuin kaya punyamu, ngabisin nasi deh 😆

    1. Mauuuuu mbak.. mau main kesana.. mg2 nyampe, abis itu ngabisin nasi dan masakan mbak ayu yg kmrn sempet difoto itu.. nyummy:-P

  3. Suka deh mba sama kreasinya. Aku aja sampe sekarang belum pernah berani mengolah daging kambing, tapi mang aku juga gak suka kambing. Tp kalau diolah gini, kayanya enak yaaa.. Aku mau ah kapan kapan nyoba kaya gini.. 😄

    1. iyaaa mb novi, tp klo menurutku utk nyoba yg pertama sebaiknya jgn yg berkuah sih… satex dulu aja mbak:-,D makasie udah mampir mba Novi:-)

    1. ya ampun mbak dewiii…. kiss kiss n hug… sedih blm sempet nulis nih, urusan akhir taun rame.. plus anak lagi batpil summer, jd kepikiran.. mb dewi gmn kbrnya?

          1. Horeee.. ntah knp kok sm mb dewi ada keterikatan pdhl ya br kenal:-D
            Mg2 pas mba dewi plg pas aq punya stok ya mbak.. soalnya teriku adanya musiman:-)

Tinggalkan Balasan