Menu lebaran Madura “Resep Pak ladeh”

Resep keluarga kami di hari lebaran bagi saya sangat spesial😘

Menunya adalah “Pak Ladeh …” berhubung saya dibesarkan dan tinggal di Surabaya, jadi disaat lebaran tidak pernah saya temui menu tersebut di kota ini. Jadi lebaran di rumah tuh rasanya sangat spesial dan berbeda banget, ditemani dengan masakan Mamaku yang asli dari Madura.

Mmm … bayangkan saja rasanya sudah mau ngiler. Buatnya setahun sekali. Enggak bayangin deh kalau menu ini bisa dibuat sebulan sekali, pasti naluri bisnis saya jadi pingin buka restoran khusus untuk pak ladeh, tapi nanti jadi berkurang deh ciri khasnya di hari lebaran.

Berhubung saya mengenal beberapa teman saya anak rantau yang jauh dari orang tua dan rata-rata sudah banyak yang berumah tangga sendiri, jadi naluri berbagi saya yang jalan.

Mari saya berbagi resep😘

Resep ini merupakan perpaduan antara resep turun temurun dari Mama saya dan modifikasi saya yang suka praktis dalam memperinci menu masakan. Supaya teman-teman yang masak juga enggak ngerasa ribet ya😀

Sebenarnya menurut saya Andalan dari makanan ini adalah begitu banyak perjuangannya dalam memproses semuanya. Lalu benar-benar back to zaman dahulu deh rasanya. Inilah yang menjadi “Rahasia’nya.

Baca juga: Resep Rujak Cingur Madura

Aku info step by step ya.

Menu pak ladeh, terdiri dari Ketupat, sebagai karbohidrat, lalu menu utama sebagai lauk, dan pelengkap adalah sayur rebus dan kelapa urapan.

Rahasia pertama

Ketupat.

Cara membuat ketupat adalah dengan mencuci beras berkali-kali sampai benar-benar bersih. Lalu ditiriskan. Setelah setengah kering masukkan pada bungkus ketupat kurang lebih setengah isi. Lalu rapatkan janur2 ketupat supaya tidak bocor berasnya. Pembuatan ketupat ini dilakukan oleh Mama saat malam takbiraan. Luar biasa pengorbanan beliau. Demi ketupat yang sempurna dan fresh, beliau mengerjakan ini hingga dini hari jam 02.00. Tapi kembali lagi kalau kalian ingin praktis tinggal cari orang yang jual ketupat ya ….

Rahasia Kedua

Menu utama.

Isi dari pak Ladeh adalah Jeroan Sapi Madura, dan belinya selama ini harus di Madura. Kenapa? Karena daging sapi Madura terasa lebih gurih dan padat (based on my family taste).

Usus yang dijual dimadura masih mentah, ini adalah kunci utama dari masakan ini. Usus yang masih mentah itu diikat agar sari-sari makanannya tidak keluar saat dimasak. Kalau pasar sekitar saya tinggal di Surabaya lebih sering saya temui usus yang sudah direbus setengah matang, jadi sensasinya nanti saat dimasak bisa berbeda.

Jeroan yang lainnya biasanya kami gunakan Babat dan Paru. Untuk isi menu utama ini, silahkan bisa disesuaikan selera masing-masing ya. Lalu dicuci sampai bersih, direbus, sampai empuk (khusus babat paling lama prosesnya). Saya pakai presto bisa lebih cepat. Rebusan pertama dibuang ya. Kolestrol tinggi nih.

Baca juga: Resep Kare Kepiting

Rahasia ketiga

Bumbu dari bumbu ini adalah bumbu jangkep yang digongso bersama dengan sere dan daun jeruk. Untuk jumlah tidak saya tulis detail ya, karena disesuaikan dengan jumlah masaknya😘 Bumbu tersebut ditambahkan koya kelapa yang sudah digongso secara terpisah.

Cara membuat koya kelapa benar-benar penuh perjuangan. Kelapa yang sudah diparut, digongso tanpa minyak, diaduk terus supaya tidak gosong. Terus dibolik-balik sampai baunya wangi😆

Setelah kecoklatan matikan api. Tunggu sampai dingin. Lalu ditumbuk, biasanya kami menggunakan lumpang besi.

Pekerjaan menumbuk ini biasanya kami lakukan secara bergantian. Paling lama mendapat bagian adalah yang laki-laki. Hehehehe ….

Baca juga: Keripik Bawang

Setelah semua tercampur masukkan air dan bahan isian tadi. Masak sambil diaduk agar koya tidak menumpuk dibawah. Untuk menikmati makanan luar biasa, perjuangan luar biasa, benar-benar ibuku luar biasa.

Pelengkap

Terakhir adalah pelengkap, yaitu :

  1. Rebusan kacang panjang yang dipotong kurang lebih 5 cm, dan diikat sejumlah 5 batang.
  2. Urapan kelapa (bumbu urap-urap tapi tidak menggunakan kencur) diaduk bersama kelapa parut lalu dibungkus daun pisang dan dikukus.
  3. Biji jagung yang dihaluskan kering menjadi serbuk jagung, biasanya kami menggunakan blender khusus untuk serbuk.
  4. Cabe rawit.

Semua rahasia sudah dikeluarkan. Setelah semua siap dan matang. Bisa ditata dipiring ya. Dimulai dari potongan ketupat, diberi menu utama kuah dan isian, lalu ditaburi serbuk jagung, diberi urapan diatasnya. Dan rebusan kacang panjang. Mmm.. So Nyummy..
Selamat mencoba, atau kalau tidak sempat bolehlah lebaran berkunjung.. Janjian dulu yah😁

Artikel ini dibuat dengan motivasi arisan blog pertama kami yang diambil dari tema yang sudah ditentukan oleh mbak ike teman blogger saya😍

Salam Nyummy,

Dewi Adikara.

Iklan
0Shares

4 thoughts on “Menu lebaran Madura “Resep Pak ladeh”

  1. Aku pernah makan topak ladeh pas di bangkalan. Enak sih tapi isinya jeroan semua. Hehe

Tinggalkan Balasan