Menu Sahur dengan Krang Binaci

Assalamualaikum sahabat curhat … sudah hari pertama nih berpuasa. Ada yang kesiangan bangun sahur?

Dewi tadi kesiangan, karena tidurnya jam 23.30 sih. Si kecil mengalami mimisan tadi malam. Alhamdulillah, dia sudah tertangani dengan baik. Beruntungnya Dewi saat malam, sudah masak untuk sahur dengan menu berkuah, jadi saat sahur tinggal hangatkan saja deh.

Menu Krang Binaci ini adalah menu andalan keluarga Dewi asal Madura loh. Mantul rasanya sedap:) Yuk di coba, bagi kalian yang mengaku enggak terlalu pintar masak menu ini praktis banget untuk di coba.

Bumbu:

6 butir Bawang putih, 1 sdt Lada bubuk (sesuai selera), 1 ruas sebesar ibu jari untuk Jahe, 1/2 sdt Pala bubuk.

Bahan:

500gr Daging yang sudah dipotong-potong dan sudah dicuci bersih.

Bahan tambahan:

3 ruas sebesar telunjuk untuk Keningar, 1 sdm Garam, 3 sdm Kecap, 1/4 sdt penyedap (disesuaikan ya, karena kaldu daging rasa dasarnya sudah sedap), 1000 ml Air matang.

Caranya:

Blender atau ulek semua bumbu sampai halus. Rebus bumbu tersebut dengan daging dan bahan tambahan diatas. Rebus dengan api sedang selama 30-60 menit.

Bila menggunakan Presto pastikan air sesuai takaran kapasitas Presto, yaitu kurang lebih 10-15 cm dari tinggi bahan. Panaskan selama 20 menit. Coba diintip dari luar untuk mengecek kembali air yang telah menyusut.

Presto tidak boleh langsung dibuka ya saat panas, karena bertekanan tinggi. Jika dirasa daging sudah empuk, biarkan presto mati sekitar 15 menit, lalu buka. Lihat kuahnya, kalian suka yang asat nyemek-nyemek atau yang banyak kuahnya (tambahkan air jika mau). Sesuaikan selera ya.

Kalau sudah matang, baru dicicip kira-kira asin dan manisnya sudah cukup atau belum?

Silahkan ditambah garam atau gula sesuai selera. Mudah banget kan?

Krang Binaci

Nah, kalau satenya itu bukan masakan sendiri ya, itu dapat dari aqiqah yang Dewi simpan semalam, hihihi … pas banget bersanding dengan Krang Binaci.

YUK EKSEKUSI!

Salam,

Dewi Adikara

Iklan
0Shares

Tinggalkan Balasan