Hari ini si Umi mendengarkan sharing online Craft dari salah satu owner produk fashion, beliau berdua -suami istri- adalah couplepreneur yang jadi panutan si Umi dalam berbisnis. Tak jarang sharing dari keduanya diaplikasikan dalam penerapan bisnis si Umi dan si Ayah yang juga couplepreneur.

Sharing hari ini tadi tentang bagaimana mengatasi mental block yang kadung tertanam dan tidak memberdayakan dalam proses menjadi sukses.
Contoh mental block yang tidak memberdayakan tersebut misalnya ketika kecil orang tua sering berkata “anak malas!” atau “dasar pemalas!” yang dengan sadar ataupun tidak, orang tua tadi sudah menamkan dalam benak si anak bahwa dirinya pemalas. Jadi ketika dewasa dia melakukan sesuatu, misalnya berbisnis, ada semacam reminder dari alam bawah sadarnya yang mengingatkan bahwa dia tidak akan berhasil karena dia pemalas. Mental block seperti itu harus segera dihilangkan agar tidak menghambat proses menuju kesuksesan.

CRAFT

Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mengubah mindset yang kadung nyantol. Tapi bukan mustahil juga. Dan dari sharing online tadi, metode CRAFT bisa diterapkan untuk membuang mental block. CRAFT di sini bukan craft yang berarti kerajinan dan berkaitan dengan segala pernak-pernik. CRAFT di sini adalah singkatan dari Canceling, Replacing, Affirmation, Focus dan Training.

canceling

Jadi, hal pertama yang harus kita lakukan untuk mengatasi mental block adalah dengan canceling atau penolakan. Pikiran tentang malas, tak mampu, tidak akan sukses dan lain-lain harus segera ditolak, jangan sampai mempengaruhi kita. Yang muslim mungkin bisa mencoba beristighfar.
Begitu juga jika mendengar berita tidak bagus, kita bisa segera menepisnya dengan mengatakan “tidak ah, hal buruk tersebut tidak akan terjadi!” lalu beristighfar.

replacing

Setelah menolak, kita harus segera mencarikan gantinya, istilahnya replacing. Ganti pikiran-pikiran buruk yang terlanjur tertanam tadi atau kabar buruk yang tak sengaja kita dengar tadi dengan pikiran-pikiran positif. Misalnya:

“Aku bisa sukses!”

“Aku mampu meraih mimpiku”

“Hal baik akan segera terjadi padaku”

Pikiran-pikiran positif tersebut akan memberdayakan dan memberi semacam dorongan pada diri untuk bisa keluar dari mental block.

Baca juga: Mendapatkan barisan ide menulis

affirmation

Metode selanjutnya adalah affirmation atau afirmasi. Dalam KBBI afirmasi diartikan sebagai penetapan yang positif, penegasan, peneguhan. Kita perlu menegaskan kembali pikiran-pikiran positif kita, impian kita, harapan kita. Afirmasi bisa juga disebut mendetail-kan mimpi. Impian kita harus diperjelas, dipertegas, sehingga kita juga mudah menemukan cara untuk mencapainya.

Tegaskan bahwa: “Aku akan menjadi sukses seperti -boleh sebutkan panutan kita- dan aku akan melakukan ini dan ini -sebutkan juga secara rinci- untuk mencapai kesuksesan tersebut.”

focus

Lalu setelah kita memperjelas impian kita dan membuat langkah-langkah untuk menggapainya, hal selanjutnya yang kita butuhkan adalah focus. Iya, kita harus fokus dengan hal yang sudah kita rincikan tadi. Misalnya kita ingin menjadi pengusaha kuliner yang sukses, fokuslah pada hal-hal yang berkaitan dengan cara untuk bisa menjadi pengusaha kuliner yang sukses.

Baca juga: Resep Ayam bakar Fillet enak

training

Dan terakhir, butuh training (latihan) agar mempermudah kita meraih hal yang kita fokuskan tadi. Jangan malu belajar, jangan takut berlatih. Bertanya pada yang lebih dulu sukses di bidangnya. Ikuti training-training yang memberdayakan. Yang akan mempermudah kita menggapai kesuksesan.

Demikianlah ulasan si Umi tentang metode mengatasi mental block yang didengar dari sharing online salah satu couplepreneur sukses. Kiranya akan bermanfaat bagi yang membaca dan bisa jadi pemberat timbangan amal si Umi menuju surgaNya.

Baca juga: Hikmah menebar kebaikan

Salam sayang selalu.

Si Umi

0Shares

1 thought on “Metode CRAFT Untuk Mengatasi Mental Block

Tinggalkan Balasan