TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Monologku: Belajar Bareng NuBar Pro (3)

Dering alarm gawai membangunkanku seketika. Membuatku bangun terduduk di tepi tempat tidur.

Hmm? Masih jam segini, tidur bentar ah.

Kubiarkan badan terpantul kasur, dan segera kutarik selimut. Hujan sejak sore kemarin hingga malam, menyisakan hawa dingin pagi hari.

Belum sempat terlelap benar, dering alarm kembali berbunyi. Meski kantuk masih menyelimuti, tapi harus segera kukumpulkan nyawa.

Selesai rutinitas pagi, pukul 05.36 aku segera bersiap-siap ke rumah sakit. Delapan menit kemudian, baru kurasakan dingin angin yang menerpa, saat kulaju motor.

Meski sudah mengenakan jaket, tapi masih tetap saja dingin.

Sesampainya di rumah sakit, usai mendapatkan nomor antrian daftar. Segera kubuka aplikasi pesan warna hijau itu. Ah, ini dia.

Kutekan link yang semalam dibagikan digrup. Ups! Like dan download dulu, sebelum ditonton.
*
“Yak, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang materi sastra ya Kang. Materi puisi lama, mantra. Kalau sebelumnya kita sudah membahas, yang pertama … pantun, seloka, bidal, gurindam.

Ini yang terakhir ya Kang?” ujar sang pembawa acara chanel NuBar Pro, Kang Aan. Sembari menekuk jarinya satu persatu, saat menyebutkan materi puisi lama yang sudah dibahas dalam video sebelumnya.

“Iyaa.”

“Nah, Kang. Sebelum ini saya lanjut, kalau ada puisi lama, berarti ada puisi baru. Ini kenapa harus dibedaiin, antar puisi lama dan baru? Dan puisi baru itu sendiri, sudah ada sejak kapan Kang?”

Puisi lama sendiri, sudah populer sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Jadi masih jaman-jaman penjajahan, kerajaan dan sebagainya, itu sudah ada. Kalau puisi baru atau puisi angkatan, itu baru ada sekitar tahun 1955, yang dirilis oleh Pustaka Obor. “Kalau tidak salah, mohon diralat kalau salah,” kata Kang Deejay.

Selanjutnya, ada angkatan pujangga ditahun 1960-an. Pujangga sendiri terbagi beberapa, yaitu salah satunya W.S. Rendra.

Ditahun 70-an, ada sekitar 16 jenis puisi modern. Diantaranya ada sonata, semile dan lainnya, yang merupakan penggabungan dari puisi-puisi angkatan baru tersebut.

Waduh, udah jam segini. Pause dulu deh, lanjut nanti malem lagi.
*
Maaf ya para pembaca yang budiman, bersambung dulu sampai di sini. Lanjut lagi hari rabu besok.

Kalau penasaran kelanjutan materinya, boleh langsung ke chanel NuBar Pro di youtube – Materi Sastra-Puisi Lama: Mantra. Klik tautan ini, biar langsung cus ke materinya 👉 https://youtu.be/DwoH5QK6BYQ

Jangan lupa klik jempol dan subscribe yaa, biar nggak ketinggian materi lainnya. See you ….

Jombang, 14 Desember 2020
Salam Literasi, Salam Unyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *