Oh pandemi COVID 19

Oleh: Rr.Nia Paramita Yusuf, M. Si., M. Psi., Psikolog

Sisi Positif

Mari kita mulai mencari sisi positif dari kejadian ini, yang pertama adalah kita semakin bisa mendekatkan diri dengan Tuhan karena waktu kita di rumah lebih banyak, kita bisa banyak dengan me time. Dulu kita sering melupakan hal ini, padahal kebahagiaan diri sendiri itu penting banget lho aebelum kita memikirkan kebahagiaan bagi orang lain.

Family time, karena biasa rutinitas kerja kita adalah di luar rumah maka kadang waktu buat keluarga kurang banget karena adanya meeting, kerjaan yang menumpuk dan lain sebagainya, ibarat kata sekarang kita dihadapkan harus dekat dengan orang-orang lingkungan kita sendiri, agar lebih ada bonding dan attachment dengan keluarga.

Kita jadi bisa semakin kreatif masak-masak atau bersih rumah, jadi tidak pernah melupakan exercise di dalam rumah seperti lari-lari kecil, senam dan dance.

Kasus pandemi covid 19 adalah sesuatu hal yang benar-benar di luar prediksi, dugaan dan benar-benar belum pernah terbayangkan oleh semua manusia di belahan dunia. Hal ini membuat kita kaget, takut, gelisah, cemas, was-was, panik, gundah, serem, pusing melanda, terkejut dan semua reaksi psikologis dalam tubuh kita bergejolak.

Bukan hanya kita seorang yang merasakan kondisi seperti ini tetapi seluruh manusia juga rasakan hal yang sama, so kita belajar berfikir dari sisi positif nya aja yuk!

Baca juga: Dimensi Perilaku Masyarakat di masa Pandemi Covid 19

Lebih baik dan membuat kesehatan mental menjadi lebih ok lho!

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di tengah semua ini. Apabila kita adalah pekerja maka beberapa ada yang terkena dampak dengan cara WFH tetapi tidak sedikit juga yang masih masuk kerja seperti biasa, bahkan ada beberapa yang di rumahkan (PHK sementara).

Baca juga: Mengenal Perempuan

Work From Home

Apabila kita memang salah satu yg termasuk WFH usahakan setting tempat kerja kita senyaman mungkin (ergonomis) agar kita bisa sampai tuntas mengerjakannya, karena kalau tidak sesuai dengan kita dan bikin kita tidak posisi nyaman, maka nanti kita sering jeda atau interupsi dengan cara liat TV, liat gawai, cuci baju, makan camilan, benarkan tempat duduk, dan lain-lain.

Fokuskan pada pekerjaan kita agar apabila melakukan pekerjaan sampai tuntas tanpa skip. Meski kita sedang diuji pandemi COVID 19 tidak mematikan kreatifitas dan membuat kita beralih tidak menjadi diri sendiri. Tetaplah menjadi diri sendiri dan menebar manfaat dengan cara kita sendiri, agar aktualisasi tetap jalan terus dan rasa berharga pada diri kita menambah sehingga bahagia yang kita dapat kan selama nya💓❤

Baca juga: Menjadi Ibu kreatif di rumah

Iklan
0Shares

2 thoughts on “Oh pandemi COVID 19

Tinggalkan Balasan