podcast
LIFE STYLE

PODCAST : PENGERTIAN, JENIS DAN CARA MEMBUATNYA

Media podcast saat ini sedang naik daun. Diantara kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan Podcast. Apalagi saat ini sangat banyak artis-artis yang mulai merambah Podcast untuk tetap membuat namanya tetap dikenal kendati mereka sudah jarang tampil di TV. Berikut akan saya paparkan pengertian podcast, jenis dan cara membuat podcast bagi pemula.

Pengertian Podcast

Pengertian Podcast sendiri adalah siaran berupa rekaman suara dari host yang membahas topik tertentu. Istilah Podcast sebenarnya diambil dari iPod dan broadcast, karena awalnya siaran audio ini hanya tersedia untuk pengguna iPod saja.

Pada hakekatnya podcast tidak jauh berbeda dengan siaran radio karena hanya menampilkan suara. Hanya saja untuk Podcast adalah broadcast berupa audio yang bisa diputar kapanpun oleh pendengarnya, sedangkan radio tidak bisa didengarkan pada saat tertentu dan diatur oleh penyiar.

Baca juga : Sehari Ngebolang di Pulau Leebong

Jenis Podcast

Awalnya Podcast ini hanya berupa audio dan identik dengan salah satu aplikasi bernama Spotify, tetapi seiring berjalannya waktu podcast merambah pula ke aplikasi youtube berupa video, sehingga kita tidak hanya menikmati suara host saja, tetapi juga bisa melihat siapakah host dan narasumber yang diundang.

Baca juga : ~ Amalan Sebelum Tidur A La Rasulullah ~Oleh Ratih Paskie

Podcast sendiri dibedakan menjadi 3 macam tipe, yaitu Solo Podcast, Interview Podcast, dan Multi Host Podcast

Solo Podcast adalah jenis rekaman yang dibawakan oleh satu orang host tanpa adanya tamu ataupun co-host dan dibawakan secara monolog. Biasanya berisikan konten berupa pembahasan tentang pendapat dari host atas suatu hal yang sedang viral, membacakan cerita yang dikirmkan oleh pendengar, atau memberi informasi mengenai sesuatu.

Interview Podcast adalah tipe podcast yang berisikan dialog antara beberapa orang dalam konteks wawancara. Biasanya Host akan berdialog dengan tamu / narasumber yang berbeda-beda setiap episodenya. Tamu / narasumber yang diundang tidak harus 1 orang saja, tetapi bisa 2 orang atau lebih (grup). Tipe podcast ini adalah format yang sangat populer sekarang.

Multi Host Podcast adalah tipe podcast yang dibawakan oleh dua host atau bahkan lebih, sehingga terdengar lebih ramai jika dibandingkan dengan podcast solo. Tipe podcast ini menyajikan diskusi yang didalamnya akan terdapat perbedaan pendapat dan perspektif dari masing-masing orang.

Cara Membuat Podcast

Podcast bisa menjadi langkah awal untuk kalian yang tertarik dalam dunia penyiaran. Selain itu Podcast sendiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal bahkan sebagai media pemasaran untuk bisnis dan usaha. Apalagi saat ini podcast tidak tidak hanya terbatas untuk pengguna Apple saja, tetapi juga bisa dinikmati menggunakan beberapa media aplikasi podcast di Indonesia yang tersedia di Indonesia.

Baca juga : Cara menghadapi orang yang mengalami depresi 

Berikut adalah beberapa langkah secara umum yang dapat dijadikan acuan dalam membuat podcast yang bisa kalian coba

Mempersiapkan Alat

Sebagai langkah awal, tentunya adalah mempersiapkan beberapa peralatan yang berkaitan dengan proses produksi podcast itu sendiri. Sebagai pemula, kalian tidak perlu mempersiapkan peralatan yang kompleks. Beberapa alternatif peralatan sederhana yang perlu dipersiapkan adalah microphone dan laptop atau ponsel untuk proses perekaman, editing dan upload podcast.

Menentukan Topik dan Menyusun Skrip

Langkah selanjutnya adalah menentukan topik terlebih dahulu tentang apa yang akan dibicarakan. Topik yang dipilih bisa bermacam-macam, mulai dari topik tentang kegemaran hingga hal-hal yang sedang viral saat ini. Selanjutnya menyusun skrip yang terstruktur untuk memudahkan mengingat apa saja yang akan disampaikan dalam podcast yang dibuat.

Memulai Rekaman

Pada tahap ini, kalian bisa memulai rekaman dengan mengacu pada skrip yang telah dibuat, tetapi jangan takut untuk berimprovisasi agar podcast tidak terkesan kaku dan lebih nyaman untuk didengar. Perhatikan juga tempat kalian melakukan perekaman, pastikan lingkungan sekitar tidak mengganggu proses pembuatan podcast karena ramai atau gangguan suara lainnya, karena akan berpengaruh pada kenyamanan pendengar.

Edit Hasil Rekaman Suara

Editing diperlukan agar konten yang dibuat lebih rapi dan nyaman untuk didengarkan. Misalnya dengan melakukan cutting atau pemotongan pada bagian-bagian yang tidak penting atau mengganggu. Bisa juga menambahkan background berupa musik ataupun sound effect untuk mendukung topik yang sedang dibahas.

Memilih dan Mengunggah di Podcast Hosting

Tahap akhir dari proses podcast adalah meng-upload rekaman siaran yang dibuat di podcast hosting (aplikasi untuk menyimpan dan mendistribusikan rekaman podcast yang telah selesai digarap). Salah satunya adalah podcast hosting milik Spotify yaitu Anchor.

Banyak hal yang bisa diulik dari media podcast ini. Masih tertarik untuk membaca tulisan ini? Nantikan postingan selanjutnya…

Salam,

Galuh Candra

(source by: info.popilux.co; glints.com; apple.com)

2 thoughts on “PODCAST : PENGERTIAN, JENIS DAN CARA MEMBUATNYA

Comments are closed.