Pada akhir tahun 2018, aku dan para sohib  berkesempatan mengunjungi pulau Leebong.  Ada yang tahu pulau Leebong ada dimana?  Yups.  Pulau Leebong itu pulau kecil  dengan luas  ± 37 hektar dan masuk dalam wilayah kepulauan Belitung.

Kebanyakan dari kita bila berkunjung ke Belitung atau biasa disebut  Belitong, mengambil paket trip hoping island yaitu mengunjungi satu pulau ke pulau lainnya di gugusan kepulauan Belitong.  Kami justru tidak. Hanya datang ke satu pulau,  dengan pertimbangan kami membawa anak-anak. Kebayang dong … mereka bisa muntah-muntah kalau harus panas-panasan, naik turun perahu.

Berpindah dari satu pulau ke pulau lain. Saya sebagai Travel Planner mereka, memilih lebih baik berada  di satu pulau dan menikmati keindahan pulau seharian daripada berpindah-pindah ke beberapa pulau.

Perjalanan  dari hotel kami di  daerah Sijuk  menuju dermaga di Tanjung Ru dapat ditempuh dalam waktu 40 menit. Dengan menggunakan perahu cepat tidak sampai 30 menit, kami  sudah sampai di dermaga Pendek Pulau Leebong.

Baca juga yuk:

Mata memandang pantai cantik dengan rerimbunan hijau nan sejuk.  Di belakangku tanpak hamparan luas laut biru yang seakan tak terbatas.  Pulau leebong adalah satu-satunya pulau private di kepulauan Belitung, sehingga tidak bisa sembarangan kita datang tanpa ada komfirmasi terlebih dahulu. Eksklusifnya pulau ini sudah terasa saat kami turun dari perahu, yaitu dengan sambutan dari para cowok ganteng yang akan menjadi Tur Guide  selama di pulau Leebong 😊

Kami langsung diantar ke bagian belakang pulau, dimana terletak pantai Chicas. Pantai ini andalan di pulau Leebong karena ada tiga gajebo  panggung di tengah laut yang bila air surut kita dapat bermain-main di sana.

Saat kami datang, belum terlalu panas dan air masih belum surut. Menjawab tantangan dari Mas Guide yang ternyata orang Bekasi, kamipun berjalan menuju gazebo yang cantik sekali di tengah laut. Lumayan seru berjalan dalam air, bercanda dengan saling menyiramkan air. Kembali ke masa kanak-kanak.

Di Puau Leebong. kita dapat menghabiskan waktu untuk berenang, bermain pasir, bermainan ayunan, bersepeda keliling pulau, bermain kano, bahkan hanya sekedar duduk santai di kursi malas yang tersedia di setiap sudut di bawah pohon. Bila  kita ingin menginap juga bisa  dengan menyewa rumah di atas pohon.

Kak Asyla dan Abang sangat senang sekali bermain pasir, sampai lupa waktu dan lupa menikmati permainan lainnya. Tidak bosan-bosannya membentuk istana  pasir di pantai belakang dan depan. Sementara kami duduk santai menikmati pemandangan yang indah dan sesekali berfoto ria

Banyak spot yang bagus untuk selfi dan foto bersama. Rasanya seratus lebih foto dan video tidak cukup untuk mengabadikan aktivitas kami selama ngebolang di sana. Semua yang ada di sana sangat mengesankan. Tidak terasa waktu semakin siang, badan basah dan penuh pasir sementara  perut kami sudah konser.

Kami memutuskan untuk mandi dahulu sebelum makan siang. Paket kami sudah termasuk makan siang. Setelah mandi dan sholat, kami menuju ruang makan yang sudah disiapkan. Luar biasa menu yang disediakan …sangat mengugah selera. Satu meja penuh dengan berbagai macam makanan, mulai dari ikan bakar, ikan disambelin, sup ikan, ayam goreng, sayur toge, cumi asam manis dan ikan gureme goreng.  Langsung tandas…😊

Ternyata kami adalah pengunjung yang menghabiskan waktu di pantai Chicas yang berada  di belakang pulau, sehingga baru menyadari di pulau Leebong sudah ramai sekali pengunjung datang.  Untung kami datang lebih pagi sehingga sudah memiliki rumah kayu untuk meletakkan barang-barang kami sebelumnya dan  tidak bingung untuk sekedar santai sebelum kembali ke daratan.

Sekitar jam 16.30 kami meninggalkan Pulau Leebong menuju dermaga Tanjung Ru, dengan perahu cepat yang sudah menjemput.  Sudah pasti kami lelah, terlebih jadwal traveling kami selama tiga hari dua malam di Belitong masih menyisakan waktu satu hari lagi, namun kenangan yang berkesan selama di Belitong terutama di Pulau Leebong tidak dapat kami lupakan.  

Suatu hari nanti kami pasti datang lagi!

Iklan
0Shares

2 thoughts on “Sehari Ngebolang di Pulau Leebong

  1. Wow… baca ini langsung deh…cus serasa berada di sana kembali…. jadi pingin liburan lagie…, masya Alloh indahnya ciptaanNya……

  2. Liburan dipulau lebong dan belitung yang mengasyikan dan seruu abisss…, sangat berkesan…, pemandangannya bagus2 dan sungguh indah ciptaan tuhan.👍😍

Tinggalkan Balasan