Selamat Datang Oktober yang Istimewa – Oleh: Neni Nuraeni

Mengapa Oktober istimewa? Secara pribadi Oktober sangat istimewa, karena bulan pernikahan saya dan suami. Saya yakin Oktober menjadi istimewa bukan hanya untuk saya tapi untuk kita semua bangsa Indonesia, pun untuk para pejuang literasi.

Mengapa demikian?

Karena pada Oktober ini permulaan pemersatuan nusantara, Indonesia saat itu, yang terbentuk dari kesadaran akan kesatuan akan nusa, bangsa dan bahasa oleh para pemuda yang tergabung dalam berbagai organisasi kepemudaan ketika itu (berbagai Jong, Java, sumatera, islamenten, dll), sehingga dikenal dengan Sumpah pemuda, 28 Oktober 1928.

Saya tak terbayang akan seperti apa Indonesia saat ini jika saat itu para pemuda dari berbagai wilayah nusantara tak memiliki kesatuan nusa, bangsa dan bahasa. Mungkin kemerdekaan Indonesiapun entah dapat kita memperingati proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Baca juga: Walau berbeda tetaplah bermakna

Karena disadari atau tidak peristiwa pendeklarasian sumpah pemuda menjadi salah satu pemantik untuk semua yang memperjuangkan kemerdekaan dari penjajah yang menjajah Nusantara berabad lamanya.

Oktober kali ini sangat istimewa bagi saya, pun bagi para pejuang literasi yang sama-sama memiliki visi untuk menebar kebaikan melalui tulisan karena di bulan ini komunitas Nulis Bareng (NuBar) mengadakan kegiatan yang terkait dengan tantangan kepenulisan (NuBar Writing Challenge).

Bagi saya yang baru “nyemplung” sebagai penulis “newbie” yang baru belajar dengan bermodalkan sisa-sisa bimbingan karya tugas akhir berbelas tahun silam. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pemantik untuk lebih baik dalam berekspresi melalui tulisan, sehingga banyak kebaikan tersebar melalui karya tulis yang dilahirkan setelah ini.

Amiin

Baca juga: Yuk ajarkan anak menebar kebaikan

0Shares
Categories WCR

Tinggalkan Balasan