Sukses Jadi Orang Tua-Review Buku Part 3

Sudah membaca review buku sebelumnya? klik disini yuk:

Sobat Curhat,

Review buku Part 3 kali ini, masih melanjutkan 16 macam kepribadian menurut Metode MESH- 13 yaitu:

 ISFJ (Introvert Sensing Feeling Judging)

Kepribadian ISFJ sering disebut  sebagai sang Pengasuh, yang menjunjung tinggi rasa tanggng jawab, memiliki ciri terorganisir, mempertahankan sesuatu yang telah berhasil, membangun kesepakatan dan seseorang yang terampil. Orang dengan keprbadian ini  ada sekitar 9% -14 % dari populasi dunia. Pekerjaan yang cocok untuk seseorang yang masuk kelompok ISFJ adalah Disainer, Perawat, Manajer, Pemerhati tumbuh kembang anak, Pekerja Sosial, Konsultan ekonomi dan pekerja bidang keagamaan.

ESFJ (Ekstrovert Sensing Feeling Judging)

Seseorang dengan kepribadian ESFJ atau disebut sebagai Pemerhati, menguasai 9%-13% dari populasi dunia. ESFJ memiliki ciri yaitu senang mengembangkan prosedur yang efektif, tegas, memelihara atau melestarikan hal yang telah berhasil, terampil dan mampu menciptakan kesepakatan. Pekerjaan yang cocok untuk keprbadian ESFJ adalah  Konsultan ekonomi, Perawat atau pengasuh,Pemerhati anak, Dokter Praktek keluarga, Pekerja sosial, dan Pekerja bidang keagamaan.

INFJ (Introvert Intuition Feeling Judging)

Kepribadian INFJ atau disebut  The Protector, yang memberikan inspirasi bagi orang lain, memiliki kata kunci yaitu visioner dan terorganisir, kreatif, pemimpin, berorientasi pada pengembangan orang lain, imajinatif dan penuh ide serta pencari makna. Pekerjaan yang cocok untuk Sang Pelindung adalah sebagai konselor, pekerja sosial, psikiater atau psikolog, pelatih atau pendidik, pemasar, seniman, Dokter, tenaga Kesehatan alternatif dan fotografer. Kelompok dengan  kepribadian ini sekitar 5% dari populasi dunia

ENFJ (Ekstrovert Intuition Feeling Judging)

Keprbadian ini dijuluki sebagai sang guru atau Teacher, memiliki sikap yang hangat, sangat memegang nilai atau norma, menciptakan  harmoni, sensitif terhadap kritik dan perpecahan, merasa puas bila sudah membantu orang laim, loyal dan jujur, kreatif dan imajinatif.  Pekerjaan yang cocok untuk Sang Guru yang menguasai 5% dari populasi dunia, yaitu sbagai Konsultan, Psikolog, Pekerja Sosial, Konselor, Pengajar, Manajer SDM, Penulis dan Fasilitator.

ISTP (Introvert Sensing Thinking Perceiving)

Seseorang dengan kepribadian ISTP atau biasa dijuluki  The Mechanic memiliki ciri yaitu analis, pemecah masalah, berpengetahuan  dan berkeahlian teknis, mudah beradaptasi, dan berani mengambil resiko. Kelompok The Mechanic menguasan 4%-6% dari populasi dunia. Pekerjaan yang cocok yaitu Polisi atau Tentara, Ahli  Forensik, Programer dan System analis, Insinyur, Mekanik, Pilot, Atlet dan Pengusaha.

ESTP(Ekstrovert Sensing Thinking Perceiving)

Kepribadian ESTP atau Sang Promoter memiliki ciri: mampu mengelola kondisi krisis, senang wirausaha, mahir dalam penjualan dan promosi, mudah beradaptasi dan senang mengambil resiko. Sang Promoter ini menguasai sekitar 5% dari populasi dunia.  Pekerjaan yang cocok untuk sang Promoter adalah Salesman, Marketer, Polisi atau Detektif, Teknisi Komputer/IT, Atlet dan Pengusaha.

INTP(Introvert Intuition Thinking Perceiving)

Seseorang dengan kepribadian INTP disebut sebagai Pemikir atau The Thinker karena senang menyelesaikan permasalahan. Kelompok ini menguasai 5% dari populasi dunia. Adapun kata kunci dari kepribadan INTP adalah senang melakukan analisis, Pemecah masalah pada tingkat sistem, berpengetahuan dan memiliki keahlian tertentu, mudah beradaptasi dan seorang disainer konseptual.  Pekerjaan yang cocok untuk Sang Thinker ini adalah Ahli fFsika dan Kimia, Fotografer, Perencana strategis, Programmer atau system analis, Penulis teknis,   Insinyur, Pengacara, Hakim, Penyidik Forensik dan Polisi Hutan.

ENTP(Ekstrovert Intuiting Thinking Perceiving)

Kepribadian ENTP atau The Visionary, menguasai 2%-5% dari populasi dunia dengan ciri: Kreatif, Pemecah masalah di tingkat system, analisis, memahami perihal teknis dan senang berwirausaha. Pekerjaan yang cocok untuk seorang ENTP adalah  Pengacara, Psikolog, Pebisnis, Fotografer, Konsultan, Peneliti, Aktor, Staf Penjualan, Staf Pemasaran dan Programer.

ISFP(Introvert Sensing Feeling Perceiving)

Kepribadian ISFP atau The Artist memiliki ciri yaitu  mampu membujuk orang lain dengan lemah lembut, mudah beradaptasi, pengrajin, terampil dan mampu membangun kesepakatan. Kelompok dengan kepribadian ini menguasai 9% dari populasi dunia. Pekerjaan yang cocok  adalah Seniman, Disiner, Pemerhati  Anak, Pekerja Sosial atau Konselor, Guru, Psikolog, Dokter Hewan, Polisi Hutan dan Dokter anak.

ESFP(Esktrovert Sensing Feeling Perceiving)

Kepribadian Sang Penampil atau The Performer menguasai 9% dari populasi dunia dan memiliki ciri yakni mudah beradaptasi, sangat antusias, energik, mampu untuk memotivasi orang lain, pandai bernegosiasi dan membangun kesepakatan serta pemecah masalah. Pekerjaan yang cocok untuk sang Performer adalah  Seniman, Tenaga Penjualan, Pekerja Sosial, Penasehat atau Konselor, Pemerhati anak, Disainer Fashion, Disainer Interior dan Fotografer.

INFP (Introvert Intuition Feeling Perceiving)

Sang Idealis adalah sebutan bagi seseorang dengan kepribadian INFP karena senang melakukan pelayanan mulia untuk kemanusiaan. Ada sekitar 5% dari populasi dunia. Adapun ciri-ciri dari Sang Idealis adalah kreatif, terampil, mudah beradaptasi, mampu membujuk dengan lemah lembut dan pencari makna. Pekerjaan yang cocok adalah seorang Penulis, Penasehat, Pekerja Sosial, Guru atau Professor, Psikolog, Psikiater dan Pekerja bidang keagamaan.

ENFP (Ekstrovert Intuition Feeling Perceiving)

Kepribadian ENFP sering disebut Sang Inspirator ,karena sangat menyukai hal baru  dalam kehidupan. Terdapat 8% dari populasi dunia. Kata kunci dari kepribadian ENFP adalah penuh dengan ide-ide, selalu antusias,  energik, mudah beradaptasi dan keratif. Pekerjaan yang cocok adalah sebagai Konsultan, Psikolog, Pengusaha, Guru, Politikus, Penulis, Jurnalis, Reporter, Programer, System analis dan Peneliti.

Nah kira-kira sobat curhat masuk  kelompok kepribadian yang mana ya? 😊

Sobat Curhat

Meswantri dan Daniel  membahas mengenai aspek ketiga dalam Mesh-13 yaitu aspek tingkah laku.  Menurut Meswantri, terdapat beberapa alat di dalam menbedakan berbagai macam perilaku manusia.  Yang paling terkenal dana Personality Plus dan DISC. Dalam Mesh-13, dikembangkan gabungan dari dua alat tersebut. 

Empat kelompok dasar perilaku manusia

Menurut Meswantri terdapat empat kelompok dasar perilaku manusia yaitu Masterful,  Easy Going, Settled dan Heedful.  

Keempat kelompok ini memiliki perbedaan pada kadar dominasi  dan intensitas.

Masterfull

adalah kelompok manusia yang memiliki perilaku selalu mendominasi,  dianggap sebagai pemimpin, menyukai otoritas dan senang mengontrol situasi. Percaya diri yang kuat namun kurang memperhatikan perasaan orang lain.

Easy Going

adalah kelompok manusia yang memiliki perilaku yang suka bersosialiasai, ekpresif dan spontan. Mudah berteman dengan siapapun dan selalu menyuntikkan semangat kepada yang lain. Kelemahannya adalah senang berbasa-basi dan mudah dipengaruhi orang lain.

Settled

kelompok manusia dengan perilaku  yang tenang, penuh simpati, cenderung menghindari konflik dan pendengar yang baik. Kekurangannya adalah tidak  menyukai adaya perubahan dan cenderung lamban dalam beraksi.

Heedfull

kelompok manusia dengan perilaku  yang penuh kehati hatian, penuh pertimbangan, suka berpikir dan mengevaluasi. Berbeda dengan Masterfull, Heedfull memiliki perhatian yang detail dan akurasi sangatlah penting bagi mereka. Heedfull adalah perencana sejati yang dapat memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik. Kelemahannya sangat perfeksionis, sensitif dan sering melakukan analisis yang berlebihan.

Sobat Curhat,

Aspek dalam Mesh-13 yang keempat, yaitu aspek cara belajar dan mengajar. Terdapat empat cara belajar yang baik menurut Mesh-13 yaitu Creativity, Clarity, certainty dan Compassion.

Creativity adalah kelompok manusia yang memiliki cara belajar yang learning by doing atau belajar sambal mengerjakan sesuatu. Dalam kelompok ini, kesulitan mempelajari sesuatu akan menjadi sulit dilakukan bila diberi petunjuk yang terperinci dan sistematis.  Orang dengan katagori  Creativiy cenderung senang mencoba banyak hal baru sehingga dikenal sebagai orang yang tangguh dan termotivasi yang tinggi.

Clarity adalah kelompok manusia yang membutuhkan penjelasan sedetil mungkin untuk semua yang mereka lakukan. Tingkat keberhasilan orang-orang dalam melakukan sesuatu mencapai 90% karena sudah membuat perencanaan yang baik.

Certainty  adalah kelompok manusia yang senang mencari alternatif dari suatu aktivitas. Senang menganalis segala hal, bahkan sering menunjukkan kelemahan dari segala sesuatu. Sehingga sering dianggap sebagai negative thinker.

Compassion adalah kelompok manusia yang memilki kecendrungan selalu ingin dekat dengan orang lain. Seseorang dengan compassion menjadikan mereka cepat mengakses memori sehingga cepat  mendeteksi lawan bicara seperti apa. Belajar dengan riang gembira dengan cara berkelompok.

sukses jadi orang tua part 3

Sobat Curhat,

Ada satu apsek lagi dalam Mesh-13 yaitu Aspek kekuatan atau keunggulan.  Penasaran?

Yuk ikuti kelanjutannya pada edisi mendatang.

0Shares

Tinggalkan Balasan