TEMA CHALLENGE IDE SEGAR WCR

Terima Kasih RNB 3

Bismillah ….

Nggak terasa, tiga bulan tantangan menulis selesai sudah. Yeey!!

Alhamdulilah … bisa sampai garis akhir kali ini. Rasanya? Senang dong. Apalagi, ada yang berbeda dengan dua sesi tantangan sebelumnya. Terutama di puncak level terakhir.

Sama seperti sebelumnya, deadline setor tulisan adalah jamnya mbak kunti, alias pukul 24.00. Tapi bacth ini, banyak kejutan yang diberikan oleh admin-adminah tersayang. Salah satunya, jam setor dimajukan sampai pukul 21.00.

Dan terakhir, pukul 19.00 waktu Indonesia bagian barat tentunya. Ini yang bikin keteteran, kalau belum ada gambaran, mau nulis apa hari ini. Puyeng Mak!

Saat awal tantangan, aku baru akan menulis sepulang kerja. Karena untuk bisa merangkai kata, harus bisa duduk manis. Tanpa interupsi.

Bakal buyar imajinasi, kalau ada jeda saat menulis. Kata-kata yang belum sempat tertulis, biasanya akan hilang. Ambyar bos!

Kali ini pun, aku ikutnya yang versi website. Tapi untuk setor tautan tulisan, tetap dari akun facebook. Ini nambah jadi nano-nano saat nulis, apalagi untuk tema puisi dan pantun. Karena, ada jumlah minimal kata tersendiri di websitenya. Dan didua tema tersebut, aku tak biasa nulis banyak-banyak.

Belum lagi, saat editing tulisan di website via gawai. Alamak! Susah nian … beda kalau langsung di komputer. Tapi ini jadi pengalaman tersendiri buatku, yang sudah lama tak nulis di website.

Oh ya, ini salah satu website binaan Rumedia.

Backtochallenge!

Sesekali, saat jadwal setor libur. Admin-adminah RNB, sharing tentang tanda baca. Sekilas remeh ya materinya? Tapi percayalah, itu perlu dan penting. Agar tulisan lebih enak saat dibaca. Aku pun, kadang masih salah atau typo saat nulis.

Oh, satu lagi yang penting. Nggak boleh ada plagiat, dalam tulisan kita. Kalaupun mengutip, juga harus diperhatikan aturannya. Nggak tinggal copy paste aja.

Tema yang diberikan pun, rasanya berat. Karena emang jarang nulis artikel, belum lagi nyari sumber referensi. Plus, harus memperhatikan kata-kata yang dikutip. Biar nggak terdeteksi plagiat. Maka dari itu, aku lebih suka nulis yang fiksi, berimajinasi ria. Membebaskan beban dalam pikiran. Hahaha, alesan aja itu mah

Namanya, hidup. Sesekali butuh yang namanya tantangan. Tapi, kalau keseringan. Kadang jenuh juga, kan?

Dan, itu pernah kurasakan, saat harus nulis full a month, beberapa kali ngerasa jenuh. Dalam hati ngebatin, “Udah sampai sini ajalah. Lagi males!”

Tapi, hati yang lain bilang, “Semangat yaa, tinggal dikit lagi. Ayo nulis. Katanya mau jadi penulis. Kalau males, emang bisa? Mau lulus batch berapa? Yakin bisa ketemu batch selanjutnya? Yakin nggak nyesel, keluar sekarang?”

Teman-teman sesama pejuang juga saling menyemangati di grup. Ada satu pesan yang paling kuingat, “Semangat mbak, masak kalah sama aku  yang Nini-nini.”

Iya, Nini-nini ikut tantangan juga (baru tahu aku :D). Malah nulisnya sambil nungguin anaknya yang mau lahiran.

Tapi, sekali lagi yang paling bisa nge-push yaa, diri sendiri. And than, here i am!

Ada di ujung garis pun, itu nggak mudah. Apalagi kalau bertepatan dengan ada acara di rumah. Seperti saat ini misalnya. Aku harus ngumpet-ngumpet, buat nulis satu ini.

Sedari pagi sudah riweh, untuk acara nempatin rumah barunya Mbak. Baru bisa pegang ponsel, jam sebelah. Nengok grup, dapetnya pengumuman yang bikin ketar-ketir. Hiks. Ingin kumenangis rasanyaaa ….

Meski begitu, ini adalah momen yang paling kutunggu. Dan momen yang paling kurindukan saat mengikuti tantangan ini. Mengejar jam tutup portal. Adminnya tepat waktu banget. Ini pun lagi ngebut nulisnya. Hahaha.

Selalu banyak belajar dari tantangan satu ini. Nambah teman literasi juga. Dan, yang paling nggak kusangka adalah pesan singkat dari seseorang.

Siapakah orang itu? Nanti aja, tunggu tanggal mainnya saja yaa.

Dari tantangan ini juga, sedikit ada gambaran selanjutnya mau nulis apa. Selain, nulis cerita fiksi tentunya. Pokoknya, sesuatu banget deh batch ini.

Terima kasih teman-teman seperjuangan, atas semangat kalian.

Terima kasih para admin-adminah sekalian, atas waktu dan tenaga yang kalian berikan.

Terima kasih RNB Batch 3, sudah membersamai selama tiga bulan ini 💕

Jombang, 31 Desember 2020
Salam Literasi, Salam Unyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *