Wibu-kah dirimu? – Apa sih Wibu itu?

Dewi beberapa hari ini penasaran dengan kata ‘Wibu’. Apalagi saat channel di youtube Deddy Corbuzer diramaikan dengan cewek Wibu. Prediksi-prediksi membayangi saat berita ini di kuatkan dengan selegram yang memiliki jumlah followers yang sangat banyak ini bisa menarik perhatian menjadi trending topik perhari ini.

Saat browsing Dewi hampir saja kehabisan waktu untuk memasak. Scroll sana, scroll sini. Belum lagi pingin ikutan berkomen positif di postingan sosial media sahabat Dewi yang sedang lewat di linimasa.

Untungnya, Dewi punya rahasia resep masakan disini. Jadi enggak bakalan kehabisan ide, saat waktu me-time lagi menguasai, hihihi.

Akhirnya Dewi mendapatkan wawasan baru saat banyak menghabiskan waktu untuk membaca.

Cewek Wibu bagi Dewi menarik, karena Dewi sendiri suka banget membuat sketch, membaca komik, bahkan melihat film anime. Namun, bukan berarti Dewi cewek Wibu ya, hihihi … ada-ada saja, bikin makin penasaran ya.

Makna dan ciri Wibu

Kata Wibu diserang dari bahasa Inggris, yaitu Weeaboo yang artinya orang-orang non Jepang yang memiliki obsesi berlebihan terhadap kebudayaan Jepang. Mereka bertingkah laku seolah-olah orang Jepang dan hidup di sana.

Beberapa orang menggunakan istilah ini sebagai olok-olokkan di forum online bagi mereka yang sangat mencintai budaya Jepang. Wibu menganggap budaya Jepang adalah budaya yang terbaik, sehingga terkadang membuat dirinya kurang mencintai budaya dari negara asalnya.

Sebenarnya tidak hanya sebutan Wibu bagi seseorang yang mencintai budaya Jepang. Ada pula sebutan Otaku. Apa bedanya ya?

Wibu sangat senang mempertontonkan dirinya sebagai penggemar budaya Jepang, baik dengan berpenampilan seperti tokoh anime, baik di rumah atau dipergaulannya. Sedangkan Otaku, dalam keseharian ia berpenampilan seperti biasa.

Bagi Wibu tidak sekadar berpenampilan yang menggambarkan dirinya pecinta tokoh anime Jepang, mereka pun tidak segan untuk menggunakan bahasa keseharian seperti: Ohayo, Konichiwa, Eto, Arigatou, Daijobun.

Seorang Wibu cenderung mengkoleksi merchandise berbau Jepang terutama anime yang disukainya. Lagu Jepang dan Drama Jepang menjadi tontonan kesehariannya.

Wibu cenderung antisosial karena ia sering dianggap aneh oleh orang lain. Ia lebih memilih ruangnya yang nyaman untuk menyendiri.

Otaku fanatik pada satu topik tertentu, sedangkan Wibu menggilai semua hal yang berbau Jepang, mulai dari anime, manga, tokusatsu, drama, cosplay, musik, film, dan sebagainya. Ia sangat tertarik dengan event-event jepang, bahkan tidak segan untuk menjadi cosplay.

Otaku merupakan istilah bahasa Jepang bagi orang-orang yang menekuni sesuatu secara mendalam. Artinya bisa bermakna positif dan negatif tergantung dari penempatannya.

Jika bermakna positif, maka seorang Otaku menekuni bidangnya hingga menjadi seorang pakar. Sedangkan menjadi bermakna negatif, saat ia fanatik pada topik tertentu sehingga ia menjadi pribadi yang kurang mampu berkomunikasi dengan orang lain.

Bagaimana? Sudah semakin paham dengan Wibu?

Jika belum yang fanatik sekali, sahabat berarti bukan termasuk orang Wibu atau Otaku.

Sama halnya dengan Dewi pecinta anime, tapi yamasih saja bisa ketinggalan berita anime. Hihihi…

Salam,

Dewi Adikara

Referensi:

Ratriansyah, F.R. 2018. Today.line.me: Apa itu Wibu? Lebih parah dari Otaku? Ini sebenarnya! diakses pada 09 Juli 2020.

Dadang, Guru. 2020. rumus.co.id: Apa itu Wibu diakses pada 09 Juli 2020.

Sumsel. tribunnews. 2019. Artikata Wibu yang sering diucapkan banyak orang dan Perbedaan antara Wibu dan Otaku. diakses pada 09 Juli 2020.

0Shares

1 thought on “Wibu-kah dirimu?

Tinggalkan Balasan