Hai Sobat curhat, YUK BACA BUKU!

Pagi ini, saya posting di medsos dan status whatsaap saya, mengenai gerakan membaca buku 1 minggu 3 buku.  Ada beberapa yang komentar dan bertanya bagaimana caranya membaca 3 buku dalam 1 minggu? Sementara aktivitas yang saya jalani cukup padat.  Bahkan ada yang mengeluh, betapa sulit menyelesaikan 1 buku saja. Untuk membaca tabloid Nova saja tidak kelar-kelar.😊

Sobat curhat,

Membaca itu seperti sudah menyatu dalam darahku. Lebay ya? 😊 sebenarnya tidak juga sobat. Sejak kecil aku memang sudah menyukai kegiatan membaca.  Aku masih ingat cerita seorang kakak, kalau aku sampai pernah membuatnya menangis, karena aku merebut majalah bobo-nya sampai robek. Padahal saat itu aku masih berusia 3 tahun. Gambar si Bobo, Coreng, upik dan Paman Gembul rupanya sangat menarik perhatianku sehingga aku senang sekali mengganggu kakakku yang sedang membaca.

Ada juga cerita saat aku duduk di kelas 5 SD. Saat itu aku siudah senang membaca novel Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu dan Trio Detektif. Aku masih ingat untuk membeli novel itu, aku harus menabung uang jajan. Jadilah aku ke toko buku Gramedia dengan membawa uang receh hasil tabunganku. Rasanya senang sekali karena bisa membeli buku dengan uang sendiri.

Aku memang sangat mencintai buku. Setiap hari aku selalu membaca. Sebenarnya tidak sekedar membaca saja, tapi juga berusaha untuk membeli buku sekalipun harus menabung atau merengek pada orang tua untuk membelikannya (waktu kecil lho ya? 😊)

Iklan

Sobat curhat,

Mengerjakan apa saja entah membaca, memasak, belajar, beres-beres rumah, bahkan tidur sebenarnya tergantung niat awalnya apa. Kalau kita sudah punya niat bukan sekedar ingin. Beda ya gaes, antara ingin dengan niat. Jauh banget itu. Kalau masih menjadi sebuah keinginan atau kepengenan itu artinya belum dilaksanakan. Belum ada upayanya. Niat juga sama tapi niat itu lebih kuat daripada sekedar pengen atau ingin.

Coba deh sobat curhat ingat-ingat. Saat sobat curhat ingin bangun pagi dengan saat sobat curhat niat untuk bangun pagi. Pasti beda. Kalau sobat curhat niat bangun pagi, pastinya sobat curhat sudah mempersiapkan segala sesuatu agar sobat curhat bisa bangun pagi. Misalnya dengan tidur lebih cepet atau pasang alarm. Akan berbeda kalau sekedar pengen, pastinya sobat curhat Cuma bilang “aku pengen bangun pagi” tapi karena tidak ada usaha pastinya ya hanya sekedar keinginan saja. Kepengenan saja.

Jadi untuk bisa membaca 3 buku selama 1 minggu, sobat curhat harus punya niat untuk membaca 3 buku dalam 1 minggu. Setelah memiliki niat, kita harus mulai mengatur waktu agar bisa membaca.

Sobat curhat,

Aku biasa meluangkan waktu untuk membaca buku mulai di pagi hari saat perjalanan ke kantor entah di kereta atau di bis, jangan di motor ya? 😊  aku selalu membaca walau hanya beberapa lembar.  Di kantor saat istirahat, aku juga selalu membaca. Kalau kalian lihat aku sedang membuka ponsel, itu tidak berarti aku sedang chat ya? karena terkadang aku juga sedang membaca e book.

Perjalanan pulang juga aku isi dengan membaca. Tiba di rumah, saat sebelum tidur aku selalu menyempatkan untuk membaca. Hari Sabtu dan minggu adalah saat menyenangkan sekali untuk bisa membaca dalam waktu yang lebih lama.  Bila semua aktivitas di rumah sudah selesai, maka membaca adalah aktivitas favoriku. 

Nah gimana kalau aku lagi dikejar DL di komunitas penulis, kampus  atau kerjaan sampingan? Wah selama terkait dengan menulis pasti ujungnya adalah membaca. Sering aku sengaja membuat review buku di Web ini, biar sekalian aku bisa membaca juga 😊 he he

Niat sudah, meluangkan waktu dan  mengatur waktu sudah, terus apalagi ya yang harus dilakukan supaya bisa membaca 1 minggu 3 buku?  Konsisten.

Ya sobat curhat, kalau kita sudah punya niat dan ada waktu luang untuk membaca, tapi kita tidak konsisten ya sama aja bohong. Aktivitas apapun juga membutuhkan konsistensi dari kita. Pekerjaan apapun, bila kita terus menerus melakukan pastinya akan memberikan manfaat dan berhasil mencapai tujuan.

Jadi..konsisten itu harga mati ya sobat curhat. He he

Sobat Curhat

Dalam membaca amatlah baik, bila kita juga terbiasa membuat catatan. Aku punya memo kecil untuk mencatat hal-hal yang aku rasa penting yang aku temukan saat aku membaca.  Gunanya catatan penting itu adalah sebagai pengingat  karena memori di kepala kita tidaklah se jreng saat kita masih kanak-kanak. Itu sebabnya aku selalu mencatat hal penting yang aku dapatkan dari buku tersebut. Bila ada waktu luang,  aku sering memindahkan catatan tadi ke file di laptop. Sehingga tanpa sadar menjadi bank buku. Bank buku ini sangat bermanfaat Ketika kita harus membuat resensi atau review buku,  karena sudah ada hal-hal penting yang kita catat tinggal dikembangkan saja.

Iklan

So .. mudah kan untuk bisa membaca 3 buku dalam 1 minggu? Ya untuk awal tidak harus 3 buku. Cukup 1 buku dahulu. Kalau masih belum bisa, latihan dahulu membaca 1 buku selama 10 hari. Gimana sobat curhat?

Membaca dan menulis itu satu paket. Kita tidak bisa hanya membaca saja tanpa menuliskan sesuatu. Termasuk kita tidak bisa menulis tanpa membaca karena menulis membutuhkan wawasan baru. Wawasan baru itu bisa kita peroleh salah satunya dengan dengan membaca.

Ayo sobat curhat …. Yuk ikut gerakan membaca buku … berapapun buku yang bisa kalian baca tidak masalah. Yang penting kita mau membiasakan diri untuk membaca. Percayalah cakrawala berpikir kita akan semakin meluas ketika kita membaca.

Yuk kita baca buku!.

0Shares

1 thought on “YUK BACA BUKU

  1. jleb banget bacanya, soalnya sekarang aktifitas baca buku saya benar-benar payah.
    Bahkan saking payahnya, beberapa buku malah saya minta si kakak yang bacain keras-keras buat saya biar saya bisa dengar sambil nyuapin adiknya hahaha

Tinggalkan Balasan