Yuk, Mengenal Herpes Zoster, Si Cacar api

Bismillahirrahmanirrahiim.

Hai temancurhat. Pernah dengar tentang Herpes? Menurut KBBI V, Herpes adalah ruam kulit yang disebabkan oleh virus, ditandai dengan gelembung-gelembung kecil berisi getah bening, letaknya berkumpul-kumpul, serta lekas kering.

Herpes itu bermacam-macam, antara lain:

  1. Herves genital
  2. Herpes simpleks
  3. Herves simpleks genital
  4. Herves Zoster

Kali ini kita hanya akan membahas Herves Zoster. Kenapa? Karena saat ini saya sedang mengalami Herves Zoster. Apa itu Herves Zoster? Tak lain adalah cacar api atau cacar ular. Biasanya ditandai dengan munculnya bintil-bintil berisi air pada tubuh sebelah kiri atau kanan. Terasa perih dan gatal.

Baca juga: Keluar dari Zona Nyaman

Awalnya saya pikir yang saya alami adalah biang keringat biasa. Saya ikhtiar dengan mengoleskan minyak herbal setiap saat. Tapi ternyata tidak ada perubahan setelah menjalaninya selama tiga hari. Yang muncul adalah

  1. Bintil berisi air.
  2. Bengkak, merah dan berkumpul.
  3. Mulai menyebar dengan rasa gatal.
  4. Meriang.

Karena tidak tahan lagi dengan rasanya, akhirnya saya memutuskan untuk ikhtiar dengan tenaga medis. Meski sedikit kwatir karena situasi masih lock down, namun Bismillah saja, jalankan sesuai SOP, semua akan baik-baik saja.

Menurut tenaga medis yang memeriksa saya (sepertinya bu bidan) penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Namanya Varicella Zoster, yang juga menyebabkan cacar air. Penyakit ini bisa menular kepada orang lain jika terkena cairan di dalamnya, baik melalui sentuhan langsung maupun peralatan mandi.

Baca juga: Tips sehat sahabat healthy

Apa keluhan yang saya rasakan ? Nyeri, panas seperti terbakar, kaku, terasa kesemutan di bahu dan tangan, gatal, meriang/demam, lemas.

Penyebab terjadinya penyakit ini belum diketahui. Namun menurut beberapa sumber menyebutkan, penderita Herves Zoster adalah mereka yang pernah mengalami cacar air. Namun tidak semua yang pernah mengalami cacar air akan terkena virus ini. Tidak. Temancurhat tidak usah kwatir. Biasanya mereka dengan sistim imun lemah, itulah yang kerab terjangkit virus ini.

Untuk mengatasi keluhan saya, maka saya diberi resep pereda rasa nyeri, Acyclovir, vit-C dan CTM. Disarankan juga untuk menghindari beberapa makanan seperti telur dan makanan laut.

Temancurhat, saya juga diingatkan untuk melakukan hal-hal berikut, agar tidak menularkan kepada orang lain dan nyaman meskipun sedang menderita herves zoster. Antara lain:

  1. Tidak menggaruk luka lepuh.
  2. Menutup luka lepuh.
  3. Menghindari kontak langsung dengan orang lain, terutama ibu hamil.
  4. Gunakan peratan mandi sendiri.
  5. Sering mencuci tangan.
  6. Memakai pakaian longgar.
  7. Mandi dengan air dingin.

Nah, temancurhat, inilah curhatan saya kali ini. Semoga temancurhat bisa lebih menjaga sistem imun agar tetap sehat dan selalu bahagia.

Baca juga: Ingin tampil glowing dan langsing?

Sumber: www.Alodokter.com

Iklan
0Shares

Tinggalkan Balasan